Informasi dibawah ini dikutip dari Website resmi. Silakan dibaca dan dipahami dengan baik. Sukses selalu untuk semuanyaa... Fighting 💪💪

 

GELOMBANG I

Tanggal Ujian CBT & Skill                : 22 Oktober 2020 – 24 November 2020

Pengumuman Hasil Ujian                 : 8 Desember 2020

 

GELOMBANG II

Tanggal Ujian CBT & Skill               : 25 Januri 2021 - 22 Maret 2021

Pengumuman Hasil Ujian                : 5 April 2021

 

 

Dokumen yang WAJIB dibawa ketika akan Ujian EPS TOPIK adalah sebagai berikut.

  1. Asli Bukti Potongan Formulir Pendaftaran (Kartu Ujian)
  2. Asli KTP/Surat Ketarangan Pengganti KTP atau Paspor yang digunakan ketika verifikasi dokumen.
  3. Jika tidak membawa dokumen pada poin 1 dan 2 maka TIDAK DIPERBOLEHKAN mengikuti ujian.
  4. Hasil Rapid Test (non reaktif) atau SWAB (negatif).
  5. WAJIB menggunakan masker atau Faceshield dan menaati protokol COVID.

 

Informasi terkait pelaksanaan ujian EPS-Topik Manufakture (Umum) tahun 2020:

  1. Rencana Ujian EPS-Topik Umun manfakture tahun 2020 akan dilaksanakan kembali pada tanggal 22 Oktober tahun 2020
  2. Ujian Skill tes akan dilaksanakan dihari yang sama bagi peserta yang mencapai standar nilai kelulusan 100 poin atau lebih.
  3. Ujian Skill tes disederahanakan/berbeda dengan ujian Skill tes di tahun sebelumnya, untuk tahun 2020 hanya mencakup (pemeriksaan buta warna, BB dan TB) dan bagi yang memiliki sertifikat kompetensi bisa ditunjukan.
  4. Apabila tidak lulus Tes Buta Warna maka tidak akan lulus di Tes Tahap Akhir.
  5. Untuk peserta Ujian Eps-Topik 2020 yang sudah melaksanakan ujian di bulan maret dan memenuhi nilai standar kelulusan, jadwal ujian Skill tes akan di jadwalkan sendiri, dan untuk materi mencakup ( Pemeriksaan buta warna, BB dan TB).
  6. Untuk tahun 2020 jumlah peserta yang dijadwalkan sekitar -+ 10.000 pesrta dan sisanya akan dijadwalkan di tahun depan 2021.
  7. Lokasi Ujian akan dilaksankan di dua tepat ( BP2MI Jakarta dan Semarang).

 

Berikut rangkuman pengumuman dari Perwakilan HRD Korea untuk Indonesia : 

  1. Kondisi sebenarnya belum memungkinkan tetapi setelah berkoordinasi dengan HRD Pusat dan BP2MI maka akan DILAKSANAKAN UJIAN kembali mulai tanggal 22 Oktober 2020 melalui SISTEM PENGETATAN PENCEGAHAN COVID-19 dan Sistem Poin yang lebih DISEDERHANAKAN.
  2. Pengumuman jadwal dan pembagian waktu ujian tanggal 15 OKTOBER 2020 melalui website www.bp2mi.go.id
  3. PELAKSANAAN dibagi menjadi 4 sesi seperti biasanya tetapi akan LANGSUNG DILANJUTKAN SKILL TEST yang lebih disederhanakan yaitu hanya pemeriksaan fisik (tinggi dan berat badan serta tes buta warna)
  4. Setelah mengikuti Tes CBT (Bahasa) bagi yang poinnya MEMENUHI SYARAT BISA LANGSUNG masuk ke ruangan untuk Tes Skill yang lebih disederhanakan.
  5. TIDAK ADA pengumuman Tes tahap pertama seperti biasanya karena langsung yang ikut skill test tahap kedua bagi yang poin nya memenuhi ketentuan yaitu 135 keatas.
  6. Standar kelulusan masih sama 100 keatas tetapi karena dikhawatirkan banyak yang lolos ke tahap berikutnya maka POIN KELULUSAN DINAIKKAN menjadi 135 KEATAS.
  7. Apabila TIDAK LULUS Tes Buta Warna maka TIDAK AKAN LULUS di Tes Tahap Akhir.
  8. Tes Skill yang disederhanakan TIDAK ADA Interview, Tes Kemampuan dasar dan Penilaian Sertifikat Kompetensi.
  9. PELAKSANAAN UJIAN DIBAGI 2 TAHAP yaitu tahap pertama tanggal 22 Oktober - 24 November 2020 (21 hari), pengumuman kelulusan tanggal 8 Desember 2020. Selebihnya akan diikutkan ujian tahap kedua tanggal 25 Januari - 22 Maret 2021 (34 hari), pengumuman kelulusan tanggal 5 April 2021. Alasan pembagian ini semata-mata karena KETERBATASAN ruang ujian CBT di Jakarta dan Semarang.
  10. Bagi yang sudah mengikuti ujian CBT tanggal 16 - 19 Maret 2020 pelaksanaan Skill Test tanggal 22 Oktober - 17 November 2020. Pengumuman akan disampaikan di website www.bp2mi.go.id
  11. Bagi peserta yang bisa ikut ujian di Bulan Maret karena suhu badan yang tinggi (5 orang) akan dilaksanakan tersendiri, informasi juga akan disampaikan di website BP2MI.
  12. Apabila ada kelaianan fisik baik itu di tangan dan kaki akan menjadi CATATAN TERSENDIRI.
  13. PMI baru kondisi saat ini BELUM BISA masuk ke Korea, kalau KONDISI SUDAH MEMBAIK akan dilaksanakan penempatan seperti semula.
  14. Dimohon kerjasama dan pengertiannya bahwa pelaksanaan ujian di tengah-tengah kondisi Covid-19 ini baru dilaksanakan dibandingkan negara lain, diharapkan bisa dilaksanakan tes dengan baik dan dapat dibuka proses lebih awal untuk Indonesia.

Demikian Informasi rencana pelaksanaan Ujian EPS-Topik Umum manufaktur tahun 2020.

Untuk Informasi Lebih lanjut bisa menghubungi LPK Bina Insani MTC.

 

So, ingin belajar bersama Bina Insani MTC?
Tenang LPK Bina Insani MTC sudah resmi dari pemerintah ya #KoncoMigran 😉,

Insyaallah Amanah, Proses Kerja Transparan, Jalur Resmi Pemerintah, dan TIDAK ADA PUNGUTAN LIAR ya #KoncoMigran ☺️
Yuk, segera bergabung dengan LPK Bina Insani MTC 😎

More Information, klik link dibawah ini yaa
https://linktr.ee/BinaInsaniMTC 📍 LPK Bina Insani MTC Yogyakarta
https://linktr.ee/BinaInsaniMTCMagelang 📍 LPK Bina Insani MTC Magelang

 

 

Persiapan kerja ke korea, Kursus bahasa korea, bimbingan kerja, pendaftaran tes, tes EPS-TOPIK, berkas lamaran, formulir sending, Paspor, sertifikat eps-TOPIK, medical check up, Sending, Slc, visa, pap, prelim, preliminary training, unfit, training center, belajar bahasa korea, tempat kerja, bahasa korea di jogja, gagal tes, lapor imigrasi, sending disetujui, skck, terbang, sending ulang, skill tes, Deportasi, soal tes, pengumuman tes, cbt korea, pbt, tes sistem poin, tes fishing, tes skill dan kompetensi, latihan skill tes, cbt simulator, bnp2tki, np2mi, bp3tki, biaya kerja ke korea, score sistem poin, pendaftaran online, Kursus online, bahasa korea online, proses mandiri. Roster, Kursus bahasa korea online, Kursus Jepang online, Tokutei Ginou, kerja ke jepang, visa Tokutei Ginou, SSW, Specified Skilled Worker, JFT Basic, Level A1, Level A2, Level B1, Level B2, Level C1, Level C2, JLPT, Japanese Language Proficiency Test, N1, N2, N3, N4, N5, blended learning, hybrid learning, pembelajaran online, kemdikbud, kemnaker, Corona, Corona di korea, pemberangkatan ke Korea, Pemberangkatan ke Jepang, Wawancara User, Perusahaan Jepang, Perusahaan Korea, CPMI, CTKI