Pembukaan Pelatihan Bahasa Jepang Intensif Angkatan 22 Persiapan Kerja Jepang SSW/TG Bina Insani MTC Yogyakarta

Pada tanggal 9 Agustus 2023, sebuah tonggak penting dalam perjalanan karir para Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) dimulai dengan pelaksanaan pembukaan pelatihan Bahasa Jepang di ruang teori 4 gedung 2 Bina Insani MTC Yogyakarta. Acara ini bertujuan untuk memberikan landasan kuat dalam penguasaan bahasa Jepang kepada para peserta agar mereka dapat mengambil langkah lebih mantap dalam mencapai kesempatan kerja di Jepang.

Dalam acara pembukaan ini, dihadiri oleh Direktur Bina Insani, Pak Mohammad Rosydi S.Ag., yang secara resmi membuka pelatihan Bahasa Jepang ini. Sebanyak 21 siswa menjadi peserta dalam pelatihan ini, namun terdapat 2 peserta yang berhalangan hadir karena alasan tertentu. Dalam sambutannya, Pak Mohammad Rosydi mengapresiasi semangat dan dedikasi para peserta dalam mengikuti pelatihan ini sebagai langkah awal menuju kesempatan baru di negara Jepang.

Pak Mohammad Rosydi mengingatkan para peserta bahwa penguasaan bahasa adalah salah satu kunci sukses dalam menghadapi dunia kerja internasional. Terutama bagi mereka yang bercita-cita untuk bekerja di negara asing seperti Jepang, kemampuan berkomunikasi dalam bahasa setempat menjadi keharusan. "Bahasa Jepang bukan hanya alat komunikasi, tetapi juga cerminan budaya dan etika kerja yang dianut oleh masyarakat Jepang. Dengan menguasai bahasa, Anda tidak hanya berbicara kepada mereka, tetapi juga memahami mereka dengan lebih mendalam," ujar beliau.

Dalam pengantarnya, Pak Mohammad Rosydi juga memberikan motivasi kepada para peserta untuk tetap semangat dan tekun dalam mengikuti pelatihan ini. Dia menggambarkan kesempatan bekerja di Jepang sebagai peluang besar yang dapat mengubah hidup mereka dan keluarga. "Program ini tidak hanya tentang pekerjaan, tetapi juga tentang membuka jendela baru bagi Anda. Jika Anda berjuang dengan sungguh-sungguh dan tidak pernah berhenti belajar, pintu kesuksesan pasti akan terbuka," tegasnya.

Lebih lanjut, beliau menyampaikan pentingnya menjaga semangat, optimisme, dan kemandirian selama proses belajar. "Anda akan diuji dalam berbagai hal, mulai dari bahasa hingga adaptasi dengan budaya yang berbeda. Namun, percayalah bahwa setiap tantangan adalah peluang untuk tumbuh dan belajar," tambahnya.

Pembukaan pelatihan Bahasa Jepang ini tidak hanya menjadi titik awal bagi para peserta, tetapi juga menjadi momen bersejarah dalam perjalanan Bina Insani dalam mendukung CPMI untuk meraih kesempatan kerja di tingkat internasional. Semangat dan tekad para peserta dalam menghadapi tantangan ini diharapkan dapat membawa perubahan positif dalam hidup mereka dan menjadi kontribusi nyata bagi pembangunan bangsa.

Dengan pelatihan ini, diharapkan para peserta tidak hanya mampu berbicara dalam bahasa Jepang, tetapi juga mampu memahami dan menghargai nilai-nilai budaya Jepang. Semoga kesempatan ini menjadi langkah awal dalam perjalanan panjang menuju kesuksesan di dunia kerja internasional. Selamat belajar dan semangat untuk menggapai impian!