Sosialisasi BP3MI untuk Kursus Bahasa Korea Intensif Angkatan 147 Persiapan Kerja Korea Program G to G

Pada tanggal 2 November 2023, ruang teori 1 di Gedung 3 Bina Insani MTC Yogyakarta menjadi tempat yang sarat makna, menyelenggarakan sebuah acara sosialisasi yang diinisiasi oleh Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI). Acara ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang lebih baik kepada 27 calon pekerja migran Indonesia tentang kursus bahasa Korea melalui program Government to Government (G to G).

Peran BP3MI dalam Meningkatkan Keterampilan Bahasa Korea: Dalam rangka mendukung calon pekerja migran Indonesia menuju Korea Selatan, BP3MI mengambil langkah positif dengan mengadakan acara sosialisasi ini. Tujuannya adalah untuk memberikan pemahaman mendalam tentang pentingnya keterampilan bahasa Korea dalam memperlancar adaptasi dan produktivitas di tempat kerja.

Detail Acara:

  1. Pembukaan dan Sambutan: Acara dimulai dengan sambutan dari perwakilan BP3MI, memberikan konteks dan urgensi kursus bahasa Korea bagi calon pekerja migran. Penjelasan tentang program G to G dan manfaatnya untuk pemahaman bahasa dan budaya Korea diberikan.

  2. Informasi Tentang Kursus: Peserta diperkenalkan dengan struktur kursus, tujuan pembelajaran, dan tingkat kesulitan yang akan dihadapi selama kursus bahasa Korea. Informasi ini memberikan gambaran yang jelas tentang apa yang dapat diharapkan oleh para peserta selama periode pelatihan.

  3. Peran BP3MI sebagai Pendukung: BP3MI memberikan penekanan pada peran mereka sebagai pendukung para calon pekerja migran selama dan setelah kursus. Ini mencakup bantuan keamanan, sumber daya pendidikan, dan dukungan bimbingan bagi peserta.

  4. Diskusi Peluang Karir: Sosialisasi mencakup diskusi mengenai peluang karir setelah menyelesaikan kursus bahasa Korea. Hal ini termasuk potensi peningkatan gaji, keberlanjutan karir di Korea Selatan, dan kontribusi yang dapat diberikan oleh peserta bagi pembangunan ekonomi Indonesia.

Interaksi dan Konsultasi Langsung: Selain presentasi, acara memberikan waktu untuk sesi tanya jawab dan konsultasi langsung. Para peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi secara aktif, bertukar pikiran, dan mengajukan pertanyaan langsung kepada perwakilan BP3MI.

Inspirasi Melalui Cerita Sukses: Sosialisasi melibatkan cerita sukses dari calon pekerja migran yang sebelumnya telah mengikuti kursus bahasa Korea melalui program serupa. Cerita ini dirancang untuk memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta untuk mengejar peluang yang ada.

Kesimpulan: Acara sosialisasi ini bukan hanya tentang memberikan informasi, tetapi juga menciptakan semangat dan dukungan untuk para calon pekerja migran. Dengan peran aktif BP3MI, diharapkan bahwa peserta akan merasa lebih siap dan termotivasi untuk mengikuti kursus bahasa Korea dan mengukir masa depan yang sukses di Korea Selatan.