Tanggal 28 Februari 2024, menjadi hari bersejarah bagi peserta Diklat Korea Reguler 80/81 ketika mereka merampungkan perjalanan intens mereka dalam program pelatihan di bawah bimbingan Bina Insani MTC. Penutupan resmi program ini bukan hanya penutupan suatu kursus, tetapi juga merupakan momen penting yang menandai akhir dari periode pembelajaran yang penuh makna.

Sebagai orang yang meresmikan akhir dari perjalanan ini, Direktur Bina Insani MTC, Mohammad Rosyidi S.Ag, memberikan kata sambutan yang penuh semangat dan penuh haru kepada para peserta. Beliau tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga menyoroti pentingnya pengenalan budaya Korea yang telah menjadi bagian tak terpisahkan dari program ini.

Salah satu sorotan utama penutupan ini adalah pengenalan budaya Korea, dengan peserta diberikan kesempatan untuk merasakan kelezatan hidangan khas Korea dan memakai baju tradisional Korea, Hanbok. Acara ini bertujuan tidak hanya untuk merayakan penyelesaian program, tetapi juga untuk memupuk pemahaman dan penghargaan terhadap kekayaan budaya Korea yang unik.

Pengalaman Kuliner Korea: Lebih dari Sekadar Makanan

Salah satu puncak acara adalah pengenalan kepada peserta tentang kelezatan hidangan khas Korea. Peserta tidak hanya belajar mengenai bahasa, sejarah, dan kebijakan Korea, tetapi mereka juga diajak untuk merasakan sendiri kelezatan topoki, bulgogi, odeng, dan aneka hidangan tradisional Korea lainnya. Melalui makanan, peserta tidak hanya merasakan cita rasa khas Korea tetapi juga memahami bagaimana makanan dapat menjadi sarana memahami kebudayaan suatu bangsa.

Hanbok: Melangkah ke Dalam Sejarah Korea

Selain pengalaman kuliner, peserta juga diberi kesempatan untuk berdandan dengan Hanbok, pakaian tradisional Korea. Melalui pengenalan ini, peserta dapat mengenakan busana khas Korea yang indah dan merasakan aura sejarah yang terkandung di dalamnya. Hanbok tidak hanya sekadar pakaian, tetapi juga merupakan perwujudan dari keindahan dan keanggunan budaya Korea yang trlah berlangsung selama berabad-abad.

Pembelajaran yang Tak Terlupakan

Pada akhirnya, penutupan Diklat Korea Reguler 80/81 bukanlah akhir dari pembelajaran, tetapi awal dari perjalanan baru. Para peserta tidak hanya membawa pulang pengetahuan yang mendalam tentang bahasa dan budaya Korea, tetapi juga kenangan tak terlupakan tentang pengalaman bersama selama diklat.

Melalui dukungan dan bimbingan Bina Insani MTC, para peserta meninggalkan program ini sebagai individu yang lebih terampil dan teredukasi. Penutupan ini membangkitkan semangat kerjasama dan pertukaran budaya yang telah memperkaya pengalaman setiap peserta.

Dengan penutupan ini, Diklat Korea Reguler 80/81 telah meninggalkan jejak yang kuat dalam perjalanan pendidikan dan pengembangan pribadi para pesertanya. Semoga keberhasilan ini menjadi awal dari banyak prestasi dan kontribusi positif dalam hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea.

Persiapan kerja ke korea, Kursus bahasa korea, bimbingan kerja, pendaftaran tes, tes EPS-TOPIK, berkas lamaran, formulir sending, Paspor, sertifikat eps-TOPIK, medical check up, Sending, Slc, visa, pap, prelim, preliminary training, unfit, training center, belajar bahasa korea, tempat kerja, bahasa korea di jogja, gagal tes, lapor imigrasi, sending disetujui, skck, terbang, sending ulang, skill tes, Deportasi, soal tes, pengumuman tes, cbt korea, pbt, tes sistem poin, tes fishing, tes skill dan kompetensi, latihan skill tes, cbt simulator, bnp2tki, np2mi, bp3tki, biaya kerja ke korea, score sistem poin, pendaftaran online, Kursus online, bahasa korea online, proses mandiri. Roster, Kursus bahasa korea online, Kursus Jepang online, Tokutei Ginou, kerja ke jepang, visa Tokutei Ginou, SSW, Specified Skilled Worker, JFT Basic, Level A1, Level A2, Level B1, Level B2, Level C1, Level C2, JLPT, Japanese Language Proficiency Test, N1, N2, N3, N4, N5, blended learning, hybrid learning, pembelajaran online, kemdikbud, kemnaker, Corona, Corona di korea, pemberangkatan ke Korea, Pemberangkatan ke Jepang, Wawancara User, Perusahaan Jepang, Perusahaan Korea, CPMI, CTKI